[object Object]

Sabtu, 26 Maret 2011

HONDA PCX

Telah banyak dikutip dari berbagai media di internet. Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan skuter matik (skutik) premium PCX (Personal Comfort Xaloon). Sebelumnya diberitakan peluncuran Honda Scoopy bulan Mei lalu. Tren penjualan skutik di tanah air terus meningkat. Kami berharap Honda PCX menjadi pemimpin tren skutik premium di Indonesia.

Honda PCX

Honda PCX dilengkapi dengan teknologi tinggi yang belum pernah ada di skutik lain di Indonesia yaitu Idling Stop System (ISS). Teknologi ini akan mematikan mesin secara sementara setelah skutik berhenti dalam hitungan tiga detik dan pengendara hanya perlu menarik tuas gas untuk menghidupkannya lagi. Teknologi ini didukung oleh pengaplikasian alternator (starter) yang canggih dan pertama pada sebuah skutik.
Dengan banderolnya yang relatif ‘mewah’ Honda PCX dibekali dengan teknologi tinggi yang tentunya sesuai dengan harga dan diklaim belum pernah diterapkan pada skutik-skutik yang ada saat ini. Salah satu fitur yang paling menonjol adalah fitur Idling Stop System, semacam fitur start/stop yang saat ini baru mulai populer pada kendaraan roda empat.
Fitur baru ini memiliki fungsi mematikan mesin secara otomatis saat skutik ini berhenti dan pengendara tidak melakukan aktifitas pada grip gas selama 3 detik, misalnya saat lampu lalu lintas menyala merah.
Untuk menghidupkannya kembali, pengendara tak perlu menekan tombol start. Tinggal pelintir grip gas secukupnya maka secara otomatis mesin PCX akan kembali hidup dan siap melaju menerobos kepadatan lalu lintas. Teknologi ini didukung oleh pengaplikasian alternator/starter yang canggih dan pertama pada ebuah skutik.
Fitur ini diciptakan karena sebagian besar pemborosan bahan bakar terjadi saat mesin hidup namun kendaraan tak bergerak seperti di lampu setopan maupun kemacetan parah. Dengan adanya fitur ini memungkinkan putaran mesin yang sia-sia dapat diminimalisir.
Honda PCX merupakan skutik berteknologi injeksi pertama di Indonesia. Untuk menjaga kestabilan performanya terkait dengan suhu ideal kinerja mesin, PCX menggunakan sistem pendingin cair alias radiator pada mesin PGM-FI membuat motor ini semakin hemat bahan bakar, ramah lingkungan, dan bahkan sudah memenuhi standar emisi gas buang Euro 3.

SPESIFIKASI PRODUK HONDA PCX
Dimensi (PxLxT): 1.917 x 738 x 1.094 mm
Jarak sumbu roda: 1.305 mm
Jarak terendah ke tanah: 135 mm
Berat kosong: 125 kg
Rangka: Tulang punggung
Suspensi depan: Teleskopik
Suspensi belakang: Lengan ayun dengan peredam kejut ganda
Ban depan: 90/90 – 14 M/C 46P (tubeless)
Ban belakang: 100/90 – 14 M/C 57P (tubeless)
Rem Depan: Cakram hidrolik, dengan tiga piston
Rem Belakang: Teromol
Sistem pengereman: Combi Brake System
Kapasitas tangki bahan bakar: 6,2 liter
Tipe mesin: 4 langkah SOHC
Sistem pendinginan: Pendinginan dengan cairan
Sistem Suplai Bahan Bakar: Injeksi (PGM-FI)
Diameter x langkah: 52,4 x 57,9 mm
Volume langkah: 124,9 cc
Perbandingan kompresi: 11 : 1 (bensin setara Pertamax Plus)
Daya maksimum: 11,7 PS @ 8.500 rpm
Torsi maksimum: 1,19 kgf.m @ 6.000 rpm
Kopling: Otomatis, sentrifugal, tipe kering
Transmisi: Otomatis, V-Matic
Starter: Elektrik dengan sistem ACG Starter
Aki: 12 V – 5 A.h (tipe MF)
Busi: NGK CPR7EA-9
Sistem pengapian: Full Transistor, Baterai
Lampu depan: 12V – 35W x 2
Lampu senja: 12V – 5W x 2

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More